Top 3 Kesalahan Sepele Berakibat Fatal Ini Sering Dilakukan Para Pelamar Kerja Fresh Graduate Terupdate

Share This

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melamar kerja adalah kegiatan yang lumrah dilakukan bagi para lulusan baru yang mengantongi ijazah. Berbekal ilmu pengetahuan teoritis dan praktek yang didapatkan selama menempuh pendidikan tentu menambah kepercayaan diri. Namun tahukah Anda bahwa fresh graduates biasanya melakukan kesalahan ini yang menyebabkan gagalnya tahapan seleksi.

 

Kesalahan dalam Proses Persiapan Administrasi

 

Pembuatan CV

 

Setelah lulus pastinya sudah punya bekal CV. Kesalahannya adalah desain yang dibuat tidak menarik perhatian HRD untuk dibaca lebih lanjut, alias standar dan benar-benar black and white. Riset membuktikan bahwa CV ternyata HANYA dibaca halaman pertamanya saja oleh HRD. Jadi persiapkan CV mu semenarik mungkin di halaman pertama.

 

Membalas Email

 

Meskipun telah berbekal pengetahuan yang banyak, namun tak jarang ditemui pelamar yang BELUM dapat membalas pesan yang dikirim HRD -baik berupa SMS, Email, WA ataupun media komunikasi lainnya- dengan mewakilkan citra diri yang profesional. Penggunaan bahasa yang tidak baku masih sering ditemukan. Waktu pengiriman pun perlu diperhatikan jangan sampai terlalu sore supaya dapat terbaca di jam kerja. Kemudian estetika dari himpunan tulisan itu sendiri, ditemukan masih ada pelamar yang terus mengetik memanjang kekanan, dan sebaiknya diberi enter.

 

Kesalahan Saat Interview

Grooming

 

Penampilan luar adalah yang pertama dinilai. Meskipun ada istilah Don’t Judge a Book by Its Cover, tapi please saat interview bersoleklah dengan profesional, bukan mau nge-lenong-ya, tapi tampil profesional. Tampil profesional adalah ketika kita seolah sudah biasa berpenampilan sebegitu rapinya. Bukan dibuat-buat. Terkadang ada fresh graduate yang serba beli baru untuk mengahadpi interview tetapi lupa mengecilkan sedikit bajunya supaya slim fit. Ada pula HRD yang terganggu gara-gara rambut pelamar yang terus jatuh kedepan, sisir atau ikatlah rambut dan kunci dengan hair spray.

 

Pertanyaan Jebakan

 

Sebutkan kelemahan Anda ? pertanyaan ini selalu muncul disetiap sesi interview, dan bocorannya adalah harus menjawab 5 poin. Kuncinya adalah jadikan kelemahan sebagai kekuatan Anda, caranya
Kelemahan Saya :

 

1. Sering telat bangun, padahal suka pasang alarm, sih.
2. Agak pemarah kalau liat sesuatu yg kurang bersih.
3. Teledor, pernah tuh saya -lalu menceritakan detil keteledorannya-. Ini sudah pasti ditolak.

 

Sebaiknya jawab dengan diplomatis, seperti
Kelemahan Saya :

1. Saya harus menyetel alarm dengan beberapa settingan dering berbeda-beda, dan setelan dengan selisih .waktu yang acak.
2. Saya selalu berusaha menjaga kebersihan karena saya terbiasa dengan lingkungan yang tertata rapi.
3. Saya harus meningkatkan ketajaman ingatan saya atau kemampuan mencatat, saat ini sudah punya buku catatan yang sudah diisi jadwal kegiatan hariannya.

 

Fresh Graduate memang memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang karyawan. Berbagai judul mata kuliah dalam tabel yang dihiasi huruf A,B,A,B diujung kanan janganlah sampai membutakan mata untuk mempelajari sesuatu yang non akademik. Mengikuti berbagai kegiatan workshop atau seminar tentang cara melamar kerja akan cukup membantu memberikan pandangan terkait hal itu.

 

Selamat Mencari Kerja !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: