5 Prediksi Teknologi Tahun 2030

Share This

Teknologi di dunia makin berkembang pesat. Tak hanya saat ini, prediksi teknologi 12 tahun mendatang, tepatnya pada 2030 juga sudah bisa digambarkan.

 

 

Mungkin kita tak akan menyangka dengan prediksi-prediksi ini, tapi World Economy Forum nyatanya telah memprediksi 5 teknologi yang akan makin berkembang di tahun 2030. Dan bukan tak mungkin jika teknologi ini datang lebih cepat dari yang sudah diprediksikan.

 

 

Apa saja teknologi yang lahir dan berkembang di masa mendatang?

 

1. Light Field Display

 

Tahun 2030 nanti diperkirakan headset Virtual Reality (VR) ataupun layar lainnya akan dihilangkan dan digantikan oleh proyeksi gambar 4D yang langsung masuk ke retina dari titik fokusnya. Perangkat ini diperkirakan akan mencolok layaknya sepasang kacamata hitam.

 

Perangkat ini malah digadang-gadang akan menggantikan layar TV, iPad, dan telepon kita lho.

 

2. Continuous Regularly Interspersed Short Palindromic Repeats (CRISPR) atau teknologi rekayasa genetika

 

CRISPR adalah sebuah metode menggunakan biokimia untuk mengedit gen secara murah dan andal. Memang saat ini, pecinta kucing mendamba-dambakan kucing dengan gen eksotis sebagai piaraannya. Di masa depan, hewan peliharaan keluarga bisa-bisa harimau yang direkayasa secara genetika lho.

 

 

Jika badan pengawas melarang teknologi CRISPR pada manusia, laboratorium CRISPR akan berkembang di seluruh dunia, karena orang tua ingin menghilangkan kelainan genetik bawaan atau memberi anak-anak mereka kelebihan yang dapat diturunkan di sekolah dan kehidupan. Hal ini akan memunculkan disparitas dan stigma baru dalam masyarakat.

 

 

3. Manufaktur Biologi

 

Mungkin satu perubahan yang paling mengganggu dalam perkembangan teknik genetika, seperti bakteri, alga dan sel lainnya akan punya pabriknya sendiri nanti. Jika kamu vegetarian, tapi suka daging, kamu bisa tetap makan daging yang diproduksi tanpa membunuh. Waduh memangnya bisa ya?

 

 

Saat ini, perusahaan seperti Beyond Meat dan Memphis Meats tengah menyempurnakan protein tanpa membunuh hewan. Kamu bisa membayangkan makan steak tanpa rasa bersalah. Plus steak tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat dibanding kolesterol.

 

 

Di masa depan, produk seperti bingkai mobil mungkin akan dibuat dari bingkai graphene dan jaring laba-laba. Kerangka pencakar langit bisa dibangun dari batuan dasar sampai awan oleh sekelompok makhluk mikroskopis dengan sedikit campur tangan manusia.

 

 

4. Iklan yang Mempengaruhi Perilaku Manusia

 

Di tahun 2030, kita akan tetap dihadapi berbagai iklan. Perangkat komunikasi, atau apa pun yang bisa dilayani oleh smartphone mungkin saja gratis. Tapi kita tidak bisa melewatkan iklan digital terbaru, setidaknya tanpa membayar biaya.

 

 

Kita akan lebih terhubung dari sebelumnya, meskipun pengiklan akan menemukan cara cerdas untuk mempengaruhi perilaku kita berdasarkan teknologi biometrik yang juga bisa memantau kesehatan manusia.

 

 

5. Tren Implan

 

Seiring perubahan di dunia, ilmuwan percaya bahwa otak manusia akan terus bertambah besar, masa hidup kita akan meningkat, dan budaya kita akan terus berkembang dan berkembang saat kita beradaptasi dengan lingkungan baru.

 

 

Saat ini, kita bisa memiliki penglihatan 20/10 dengan LASIK. Di masa depan, kita bisa menambahkan lensa zoom inframerah ke mata sehingga menghasilkan penglihatan sebanyak mungkin (elang diperkirakan memiliki penglihatan 20/5 atau 20/4).

 

 

Saat ini, kita memiliki perangkat yang dapat dipakai yang dapat mendeteksi magnet utara dan memberi kemampuan seperti SONAR (berguna untuk tuna netra). Nantinya, akan ada asisten virtual yang selalu siap 24 jam.

 

 

 

Artike ini seluruhnya (termasuk foto) dikutip dari : https://tech.idntimes.com/trend/jcnd/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: