Cara Verifikasi Website ke Google untuk Pemula Non IT / Blogger

Share This

Siapa yang tidak mau blog / web nya terkenal dan berada dalam posisi page one dalam mesin pencarian Google ? Ada kalanya kita langsung mempercayakan kepada pihak jasa penyedia SEO namun bisa juga kita melakukannya dengan sendiri namun tentunya perlu kesabaran dan ketekunan.

 

Supaya postingan kita berada pada halaman pertama Google, langkah yang paling pertama adalah melakukan verifikasi Blog / web Anda kepada Google, berikut langkah untuk memverifikasi Blog WordPress kepada Google.

 

1. Buka situs www.google.com/webmaster. Klik Sign In di pojok kanan atas dan gunakan google account Anda, Note : usahakan akun yang dimasukkan adalah akun yang sama dengan pengelolaan WordPress Anda.

 

2. Setelah berhasil memiliki akun Google Webmaster, Pilih Add Property. Kemudian masukkan alamat web yang ingin Anda daftarkan. Lalu klik Add.

 

3. Berikutnya Google akan meminta verifikasi bahwa Anda adalah pemilik web tersebut. Pilih Recommended Method. Kemudian klik Download this verification file. Simpan ditempat yang mudah ditemukan.

 

4. Proses disini belum selesai, pada tab baru buka CPANEL Anda lalu pilih File Manager agar kita bisa mengupload file verifikasi yang telah kita download tadi.

 

5. Ada beberapa menu, temukan dan klik public_html  karena kita akan mengunggah file tersebut kedalamnya.

 

6. Setelah itu, temukan tombol upload pada bar diatas. Lalu akan ada pop up bahwa proses telah selesai.

7. Kembali ke Google Webmaster lalu klik tombol Verify.

 

8. Jika berhasil akan ada CONGRATULATIONS yang berarti Web anda telah berhasil diverifikasi oleh Google.

 

Ke-8 tahapan diatas adalah awal dari pengerjaan SEO secara manual sendiri tanpa bantuan pihak ketiga yang harganya bisa jutaan. Selamat mencoba langkah pertama !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: