NOSTALGIA.. Isi Tas Anak Millennials Saat SD

Share This

Bernostalgia memang tidak akan ada habisnya apalagi jika yang dibahas adalah seputar jaman sekolah dasar. Bagi Millennials yang lahir di 90-an,  kenangan tersebut sudah berlalu sekitar 15 tahunan yang lalu. Meskipun sudah berlalu selama itu, kadangkala memori tentang masa-masa itu terlintas di benak kita. Seperti Admin yang baru saja mengingat kembali isi-isi dari tas gendong yang selalu menemani pagi hingga siang.

Inilah isi dari tas kita sewaktu sekolah dasar :

1. Tempat Pensil

Barang yang satu ini adalah tempat menyimpan segala rupa peralatan tulis menulis (kecuali buku yaa, he he). Desainnya yang paling berkesan adalah adanya beberapa slot untuk pensil dan mekanisme berupa engsel untuk mengambil dan kembali menyimpannya. Selain itu, tempat pensil ini memiliki area basement alias lantai bawah untuk menyimpan pulpen, penghapus dan lainnya. Merk yang paling terkenal adalah -lupa- pokoknya itu deh ya. Biasanya anak laki-laki warnanya biru dan perempuan pink. Tak kalah memorable, biasanya isi pensil ini memunculkan bunyi berisik saat disimpan didalam tas, karena pulpen yang berada di lantai basement itu.

2. Penghapus

Didalam kotak pensil, kita juga punya penghapus. Ada berbagai macam penghapus yang unik dari yang bergambar bendera internasional, berbentuk buah, ada sablon huruf, bahkan ada pula penghapus tuntas berwarna merah biru, sekali hapus tuntas hingga kertasnya! ha ha ha.. Biasanya penghapus digunakan saat kegiatan mengisi buku LKS, atau saat menggambar.

3. Pensil Isi Ulang

Pensil ini bukan track pen yang populer belakangan. Pensil ini memiliki isi-isi yang bisa kita tukar posisi paling bawah keatas -gimana jelasinnya ya- Intinya, pensil ini cara kerjanya ketika yang paling bawah udah tumpul, kita cabut dan pindahkan keatas. Hal memorable-nya adalah ketika muncul masalah yaitu saat bibir batang pensil bagian ujung bawah agak belah. Sehingga isi pensilnya agak goyang, perlu keahlian khusus untuk menulis rapi dalam keadaan seperti ini. Juga terkadang kita gigit gigit ujung atasnya dan enak juga seperti rasa permen susu. Ha ha..

4. Tipp – Ex

Kids Jaman Now dimudahkan dengan hadirnya correction pen a.k.a tipe-x yang seperti kertas dengan mekanisme mirip selotip. Namun Kids Jaman Old, tentu pasti mengenal tipe-x legendaris ini. Dia berdua, berwarna merah dan hijau. Merah berfungsi untuk tipe-x nya, dan hijau sebagai thinnernya. Jaman dulu anak SD yang punya ini tuh keren banget, karena pasti punya orang tuanya. Pemakaiannya juga ribet, tutupnya yang spiral dan menyatu dengan kuas, menjadikan alat ini kurang praktis namun cukup helpful lah pada jamannya.

BACA JUGA :

5. Serutan Pensil

Serutan ini cukup kontroversial. Disamping fungsi utamanya untuk melancipkan kembali pensil, ternyata ada fungsi lain yang hanya dimanfaatkan oleh anak laki-laki. Mitos pun beredar mengenai serutan ini, dimana kalau kita membersihkannya dengan cara meniup maka rumornya serutan akan cepat tumpul. Kenapa begitu ? jawaban paling masuk akal adalah saat kita meniup dari jarak dekat, embun atau butiran air tak terlihat akan menempel pada pisau serutnya sehingga jika dibiarkan maka korosi akan terjadi.

6. Pisau Lipat

Sebetulnya alat ini sangatlah berbahaya. Pisau lipat ini bisa melukai penggunanya, bahkan anak lain jika berkelahi. Hiiy sereemm.. Tapi alat ini sangat membantu dalam keadaan darurat seperti ketika kita ingin meraut pensil tanpa serutan, memotong kertas, mengupas buah dari pohon belakang sekolah, bahkan ketika kita iseng motong-motong penghapus. Ada-ada ajaa yah.. ha ha.

7. Pensil Karet Gelang

Entah siapa pemrakarsa ide ini. Karet digulung, ditali, dan dipasangkan diujung pensil supaya bisa jadi penghapus, coba!. Bagaimana bisa kita sebut anak millennials tidak kreatif ? Tapi kadang hasil hapusannya berbekas warna hitam deh. Tapi untuk kondisi darurat, mah, oke oke aja lah yaa.

BACA JUGA :

8. Pulpen Wangi ‘Narkoba’ / Nyala

Produsen pulpen ternyata sudah jeli menyasar anak SD kala itu. Mereka membuat pulpen menarik yang bisa nyala saat dipake menulis. Ada pula yang tintanya wangi dan rumor beredar kata anak-anak lain sih itu pulpen narkoba. Benar atau tidak, yang jelas pulpen yang ada tali pada tutupnya itu udah ditarik dari pasaran karena mengandung zat berbahaya.

9. Sempoa

Entah kenapa saat menginjak kelas 2 SD justru malu pake alat berhitung yang satu ini. Ya, alat hitung tradisional ini bernama sempoa. Bentuknya mirip -tatakan cermin kali ya?- nah dan dia punya banyak biji mote / manik. Cara berhitungnya sih tetep kudu mikir.. Geser 5, ditambah 7.. tetep kita hitung ulang. Aneh tapi nyata.

10. Buku Sampul Cokelat

Sebetulnya sampul buku tulis ini tidak melulu memuat kata “Sukses bagi si Rajin”. Namun ada juga kata-kata motivasi lain atau kata -pangkal pangkalan itu apa ya, lupa he he- Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya, dan sebagainya. Ciri khasnya adalah ada kolom khusus untuk kita menuliskan nama, nama sekolah, kelas berapa dan nama mata pelajarannya apa. Sampul bagian belakang biasanya ada pancasila dan tabel daftar mata pelajaran dari senin hingga sabtu.

Nah, Millennials..Itulah dia beberapa barang yang pernah menemani kita selagi jaman sekolah dasar dulu. Sedikit tapi cukup mengembalikan kenangan saat menimba ilmu dulu kala. Kalo ada yang kurang, mungkin Admin lupaa.. 15 tahun lalu cuuy.. (MN).

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: